Fo Guang Yuan – Buddhist Art Gallery, Melbourne

FoGuangYuan04

Ruang Meditasi (pic from google street map)

Salah satu hobby saya saat mengunjungi negara lain salah satunya adalah, mampir ke tempat ibadah (Vihara), bagi saya rasanya seperti memperingati diri sendiri dimanapun saya berada jangan melupakan YME, karena bisa pepergian jauh dengan selamat adalah juga karena perlindungan-Nya :D. Di Melbourne saya merencanakan untuk mengunjungi satu Vihara yang berlokasi di Queen St yaitu Fo Guang Yuan – Buddhist Art Gallery.

Gedung FGY tampak depan

Gedung FGY tampak depan (pic from Google Street map)

Fo Guang Yuan – Buddhist Art Gallery, didirikan pada tahun 2001 dibawah bimbingan Master Hsing Yun, sebagai tempat pelaksaan ibadah bagi umat Buddhis. Terdiri dari 2 lantai dimana pada lantai 1 terdapat Water Drop Tea House, yaitu restoran yang menyajikan makanan vegetarian dan disebelahnya terdapat Buddhis Art Gallery yang memamerkan karya seni bertemakan Buddhis seperti lukisan, keramik, embroidery, diorama dan banyak lagi karya-karya indah lainnya dari donatur. Sedangkan di lantai atas terdapat ruang ibadah, juga sekaligus ruang meditasi yang mana tidak sempat saya kunjungi, karena saat saya datang saya banyak melihat para Bhikkhu sedang mondar-mandir kelihatan sibuk jadi takut merasa mengganggu kegiatan kalau naik di jam yang tidak tepat.

Disini juga sering diadakan kegiatan-kegiatan untuk umum seperti upacara minum teh, pertunjukan musik dan kaligrafi. Untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi official website-nya di https://www.fgsmelbourne.org.au 

Leave a comment